- TUGAS INDIVIDUAL
-
QUESTIONING
(Tanya jawab)
Misalnya : Apa yang dimaksud dengan aqidah? Lalu siswa harus mencari
jawabnya dari internet, ensiklopedia, wikipedia, thesaurus, dll
-
INQUIRY
(Mencari/menemukan sendiri)
Misalnya siswa diminta untuk membuat terrarium dan diisi dengan sepasang
katak, lalu siswa diminta untuk mengamati apa yang terjadi dengan katak tu
setiap hari (metamorfosa katak)
-
REFLECTION
(Merenung/menganalisa)
Misalnya siswa diminta untuk merenungkan atau menganalisa : mengapa
terjadi tsunami? Jawaban pertanyaan ini
perlu pemikiran mendalam, lintas ilmu dan tidak bisa begitu saja mengutip atau
meng-copy dari buku.
-
SUPPORTING
SELF-REGULATED LEARNING (Mendorong belajar mandiri untuk seumur hidup tanpa
pengawasan/supervisi)
Menyediakan dukungan yang perlu agar siswa bergerak dari pembelajar yang
dependen menjadi pembelajar yang independen, misalna begitu mendengar kata :
“Puting beliung”, siswa tanpa disuruh –
mencari sendiri makna kata “puting beliung” itu dari ensiklopedia, surfing internet (googling) atau mencari di kamus, wikipedia dll
- TUGAS KELOMPOK
-
PROBLEM-BASED
(Menggunakan problem yang nyata),
Misalnya siswa diminta pendapatnya mengapa harga beras terus naik
(menjadi mahal)? , maka siswa dalam kelompok membagi tugas – ada yang mengamati
cara menanam padi di sawah, ada yang melihat proses penggilingan padi, ada yang
melihat proses jual beli beras di pasar, dll – dengan demikian, siswa melihat
masalah beras bukan hanya dari masala padi, tapi juga keterkaitannya dengan
pupuk, bibit unggul, irigasi, cara membajak sawah, sistim ijon, carakerja KUD,
dll
-
USING MULTIPLE
CONTEXTS (Mempelajari ilmu dalam macam-macam konteks)
Misalnya dalam latihan melempar dan menangkap bola, siswa tidak hanya
belajar melempar dan menangkap bola dengan benar, tapi belajar juga tentang
penerapannya dalam kasti, baseball, basket, volley, dll dimana masing-masing
cabang olah raga itu mempunyai cirri dan aturan main tersendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar