Selamat Datang di Blog SD Charitas 02 Mojosari Belitang OKU Timur

Wahana Informasi bagi para guru, stik holder dan civitas akademika

Senin, 24 Januari 2011

Strategi Pembelajaran


  1. TUGAS INDIVIDUAL
-         QUESTIONING (Tanya jawab)
Misalnya : Apa yang dimaksud dengan aqidah? Lalu siswa harus mencari jawabnya dari internet, ensiklopedia, wikipedia, thesaurus, dll

-         INQUIRY (Mencari/menemukan sendiri)
Misalnya siswa diminta untuk membuat terrarium dan diisi dengan sepasang katak, lalu siswa diminta untuk mengamati apa yang terjadi dengan katak tu setiap hari (metamorfosa katak)

-         REFLECTION (Merenung/menganalisa)
Misalnya siswa diminta untuk merenungkan atau menganalisa : mengapa terjadi tsunami?   Jawaban pertanyaan ini perlu pemikiran mendalam, lintas ilmu dan tidak bisa begitu saja mengutip atau meng-copy dari buku.

-         SUPPORTING SELF-REGULATED LEARNING (Mendorong belajar mandiri untuk seumur hidup tanpa pengawasan/supervisi)
Menyediakan dukungan yang perlu agar siswa bergerak dari pembelajar yang dependen menjadi pembelajar yang independen, misalna begitu mendengar kata : “Puting beliung”,  siswa tanpa disuruh – mencari sendiri makna kata “puting beliung” itu dari ensiklopedia, surfing internet (googling) atau mencari di kamus, wikipedia dll

  1. TUGAS KELOMPOK
-         PROBLEM-BASED (Menggunakan problem yang nyata),
Misalnya siswa diminta pendapatnya mengapa harga beras terus naik (menjadi mahal)? , maka siswa dalam kelompok membagi tugas – ada yang mengamati cara menanam padi di sawah, ada yang melihat proses penggilingan padi, ada yang melihat proses jual beli beras di pasar, dll – dengan demikian, siswa melihat masalah beras bukan hanya dari masala padi, tapi juga keterkaitannya dengan pupuk, bibit unggul, irigasi, cara membajak sawah, sistim ijon, carakerja KUD, dll

-         USING MULTIPLE CONTEXTS (Mempelajari ilmu dalam macam-macam konteks)
Misalnya dalam latihan melempar dan menangkap bola, siswa tidak hanya belajar melempar dan menangkap bola dengan benar, tapi belajar juga tentang penerapannya dalam kasti, baseball, basket, volley, dll dimana masing-masing cabang olah raga itu mempunyai cirri dan aturan main tersendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar